4 Bahaya Jika Sering Parkir Dengan Standar Samping

Loading...

Bicara soal parkir, apakah Anda tergolong orang yang tidak mau direpotkan dan memilih menggunakan standar samping saat memarkirkan motor? Jika demikian, Anda harus berpikir ulang saat sudah membaca 4 bahaya jika sering parkir dengan standar samping yang kami bahas pada kesempatan kali ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Alasan pengendara menggunakan standar samping
– 4 bahaya jika sering parkir dengan standar samping

Menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari, memang menjadi pilihan semua orang. Selain kemudahan dalam mengendarainya, motor juga mampu menerobos jalanan yang macet dengan lebih mudah. Anda juga bisa menerapkan tips aman mengendarai motor saat macet yang kami posting sebelumnya.

Dengan menggunakan motor, Anda pun dapat menikmati kemudahan dalam urusan parkir motor. Anda akan lebih mudah saat mengatur jarak posisi motor Anda dengan motor yang lainnya. Setelah menemukan posisi parkir yang aman, pastinya Anda memilih menggunakan standar samping dibanding standar tengah bukan? Namun hal ini sebenarnya tidak dianjurkan, apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Seperti yang diketahui, memarkir motor menggunakan standar tengah memang cukup sulit dan memakan tenaga. Namun tenaga ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan berbagai bahaya yang bisa menimpa motor dan keselamatan Anda saat berkendara di jalan. Di bawah ini terdapat 4 bahaya jika sering parkir dengan standar samping yang perlu untuk Anda ketahui:

1. Motor rawan roboh
Parkir motor menggunakan standar samping juga dapat menimbulkan bahaya seperti sepeda motor akan mudah roboh jika terkena senggolan, terutama ketika motor parkir di tempat yang tidak rata.

Loading...

2. Merusak motor lain
Saat bahaya pertama terjadi, maka hal ini pun akan berbaahaya apalagi jika Anda parkir di tempat umum. Karena ketika motor Anda roboh, maka kemungkinan hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan seperti lecet pada bodi motor pengendara lain yang terparkir di samping motor Anda.

3. Ban kiri lebih cepat botak
Bukan karena lebih sulit menggunakan standar menengah, tetapi pengguna motor mengejar kemudahan dalam menggunakan standar motor. Namun pernahkah Anda berpikir ketika orang lain sering duduk di sepeda motor yang Anda parkir. Beban berat sepeda motor dan berat orang yang menempati motor Anda akan ditopang oleh standar samping, shockbreaker, dan ban.

Dilansir dari GridOto.com, saat Anda lebih sering memarkirkan motor dengan standar samping, maka Anda harus siap jika ban motor botak lebih cepat, terutama ban motor kiri baik itu ban depan maupun ban belakang. Hal ini terjadi karena posisi parkir menggunakan standar samping dapat membuat beban shockbreaker tidak seimbang, sehingga shockbreaker cenderung miring ke satu sisi saja. Ketika motor digerakkan, tekanan pada ban kiri menjadi lebih besar, sehingga sisi kiri ban memikul beban yang lebih berat.

4. Lupa menaikkan standar motor
Diakui atau tidak, banyak pengendara yang seringkali lupa untuk menaikkan standar samping motor mereka setelah parkir. Hal ini dapat membahayakan keselamatan Anda dan juga orang lain yang ada di jalanan apalagi ketika motor condong ke samping.

Tanpa disadari karena sudah terbiasa atau terburu-buru, banyak pengendara saat berhenti dan memarkir motornya dengan menggunakan standar samping. Nah, setelah mengetahui 4 bahaya parkir sepeda motor menggunakan standar samping ini, apakah Anda masih berniat untuk menggunakan standar samping saat parkir? Atau sudah berencana untuk menggunakan standar tengah yang lebih aman walau sedikit lebih rumit? Semua pilihan ada di tangan Anda. Semoga bermanfaat.

Loading...