6 Peralatan di Bagasi Motor Untuk Keadaan Darurat

Loading...

Memiliki sepeda motor yang digunakan setiap hari, haruslah diimbangi dengan kesiapan kita untuk menghadapi masalah mendadak yang terjadi di jalan. Misalnya saja seperti masalah spion yang kendor, rantai terlalu kencang atau motor tiba-tiba mati mendadak (mogok). Untuk itu, Anda sangat membutuhkan 6 peralatan di bagasi motor untuk keadaan darurat agar dapat mengantisipasi jikalau terjadi masalah mendadak pada motor Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Masalah mendadak yang sering terjadi di jalanan
– 6 peralatan di bagasi motor untuk keadaan darurat

Kondisi motor haruslah diperhatikan oleh pengendara dengan rutin mulai dari cek oli kendaraan hingga servis ringan. Ini dilakukan untuk menjaga performa motor tetap maksimal saat dikendarai. Selain mengecek kondisi kendaraan motor, Anda pun harus menggunakan kelengkapan berkendara yang aman seperti misalnya helm, sarung tangan, jaket, masker dan lain sebagainya. Kelengkapan tersebut berguna untuk mengantisipasi dan menghindari Anda dari hal-hal buruk yang dapat terjadi saat berkendara.

Namun, masalah lain juga dapat menimpa pengendara saat kondisi motornya mengalami hal-hal yang tidak terduga. Misalnya motor tiba-tiba mogok di jalan, maka Anda membutuhkan perkakas misalnya obeng, tang penjepit dan kunci pas. Namun selain itu ada juga peralatan lain yang harus ada di bagasi motor Anda loh Sobat untuk jaga-jaga jikalau terjadi keadaan darurat di jalan. Di bawah ini penjelasan 6 peralatan di bagasi motor untuk keadaan darurat yang perlu Anda ketahui:

Kunci Pas
Biasanya ukuran kunci pas yang perlu ada di bagasi sepeda motor adalah kunci pas nomor 10,12 dan 14. Komponen mesin yang memerlukan kunci pas seperti misalnya rantai dan rem. Jika tiba-tiba rem atau rantai motor Anda kendur atau kencang, maka kunci pas menjadi solusinya.

Loading...

Obeng
Obeng menjadi salah satu peralatan yang harus dibawa, karena salah satu fungsinya untuk mengencangkan dan membuka baut. Agar lebih praktis, belilah dan siapkan obeng kecil dan pendek di dalam bagasi motor Anda.

Tang Penjepit
Dikutip dari GridOto.com, tidak hanya kunci pas dan obeng yang harus ada di bagasi motor, Anda juga harus menyimpan tang penjepit yang biasanya diperlukan saat memeriksa kondisi mesin motor.

Senter
Siapa yang bisa memastikan bahwa motor hanya dapat mogok di siang hari saja. Ingatlah Sobat bahwa motor mogok bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Maka dari itu, untuk mengantisipasi jikalau motor mogok di malam hari Anda membutuhkan lampu senter sebagai penerang sementaranya. Belilah lampu senter kecil agar muat di dalam bagasi motor Anda.

Lap Kanebo
Saat Anda harus berteduh di jalanan karena hujan terlalu deras, dan sebelum berkendara lagi Anda perlu untuk mengusap sepeda motor agar nyaman di kendarai? Nah, untuk itu Anda membutuhkan lap kanebo untuk mengusap sepeda motor yang basah terutama jok motor yang akan Anda duduki.

Jas Hujan
Jas hujan merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting dan harus ada di bagasi motor, apalagi jika dalam kondisi musim hujan. Akan tetapi jika bagasi sepeda motor Anda tidak cukup besar, maka simpan saja di dalam tas atau jepitkan di depan jok sepeda motor Anda. Meski sebenarnya Anda bisa berteduh terlebih dahulu di pinggir jalan saat hujan turun, namun akan lebih baik jika Anda membawa jas hujan saat berkendara.

Setelah mengetahui 6 peralatan di bagasi motor untuk keadaan darurat, cobalah juga untuk membeli atau menyiapkan kotak penyimpanan yang berukuran kecil agar lebih praktis untuk dibawa dan disimpan di bagasi motor Anda. Sekarang saatnya periksa bagasi motor Anda, apakah semuanya sudah tersedia Sobat? Semoga bermanfaat.

Loading...