Penyebab Getar Pada Mesin Vespa Non I-Get

Loading...

Tahukah Anda, Vespa saat ini telah menghadirkan inovasi terbaru untuk para pencintanya. Bahkan Vespa modern yang beredar periode 2011 hingga 2015 telah mengusung teknologi mesin Italian Green Experience Technology (I-Get). Akan tetapi Vespa yang tidak memiliki teknologi mesin ini selalu mengeluhkan ‘mesin bergetar’. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami membahas penyebab getar pada mesin Vespa Non I-Get.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Penyebab getar pada mesin Vespa Non I-Get
– Apa itu mesin Vespa I-Get
– Cara mengatasi getar pada mesin Vespa Non I-Get

Motor Vespa menjadi salah satu dari 6 motor jadul yang masih eksis di jalanan Tanah Air. Penggemar Vespa modern dengan mesin empat tak benar-benar tidak boleh terkejut jika ada getaran atau suara ‘gredek’ ketika motor pertama berjalan. Pasalnya, itu adalah karakter skuter Italia. Tetapi, bagi konsumen yang bukan penggemar Vespa mungkin aneh dan bertanya-tanya mengapa ada getaran seperti itu di CVT saat motor pertama kali dijalankan.

Penyebab Getar Pada Mesin Vespa Non I-Get
Getaran biasanya terasa ketika motor Vespa dibawa secara perlahan atau dalam kondisi menerobos kemacetan yang mengharuskan ‘stop’ dan ‘go’. Penyakit getaran ini muncul karena kemampuan angkat dari kopling terhambat saat putaran mesin di RPM rendah. Pada Vespa-Vespa modern non I-Get proses pembukaan kopling modern biasanya terjadi pada putaran mesin 2200 RPM.

Ketika harus dalam rotasi rendah, tenaga mesin tidak cukup untuk membuat kopling sentrifugal mengembang. Jadi daya tarik per kopling masih lebih kuat daripada gaya sentrifugal. Kondisi ini membuat kopling sentrifugal tidak menyentuh rumah kopling sehingga roda belakang belum berputar sempurna.

Loading...

Mengenal Teknolog Mesin I-Get
Dikutip dari GridOto.com, masalah tersebut tidak akan terjadi pada Vespa-Vespa modern yang telah menerapkan teknologi mesin I-Get. Karena Vespa berteknologi mesin I-Get, di mana proses pembukaan kopling baru terjadi di putaran mesin lebih dari 2.200 RPM. Teknologi mesin I-Get dikenal sebagai teknologi mesin Vespa-vespa modern terbaru yang mulai dipasarkan pada tahun 2016. Mesin Vespa I-Get memiliki desain rumah kopling dan cover CVT yang berbeda. Perbedaan ini juga berkontribusi pada cara kerja kopling. ”

Cara Mengatasi Getar Pada Mesin Vespa Non I-Get

1. Mengganti Satu Set Kampas Kopling
Masalah getaran ini bisa diatasi dengan pergantian seperangkat kampas kopling. Namun pemiliknya tidak perlu harus mengganti rumah kopling. Misalnya untuk tipe Primavera 150, saat ini harga satu set kopling kopling di bengkel resmi Vespa sekitar Rp 1,29 juta. Harga tersebut belum termasuk biaya instalasi.

2. Ganti Roller
Menghilangkan getaran Vespa Non I-Get biasanya juga dibarengi dengan pergantian roller yang lebih ringan. Metode ini biasanya dilakukan di bengkel spesialis Vespa umum. Ketika ditambahkan pergantian roller biasanya biaya sekitar Rp 1,8 juta hingga Rp 2 juta. Cara mengganti roller ini terbilang cukup untuk mengurangi penyakit getar karena lambatnya mengangkat kopling ke RPM tinggi.

3. Ganti CVT
Lakukan pergantian penuh pada Continous Variable Transmission (CVT). Total yang biasa dikeluarkan bisa mencapai Rp 3 sampai Rp 5 juta. Nominal ini cukup mahal yang harus dikeluarkan oleh penggunanya meskipun saat ini sudah cukup banyak CVT satu set “aftermarket” yang beredar di pasaran, di antaranya merek Malosi dan Pollini. Untuk pemasangannya dapat dilakukan di bengkel spesialis Vespa umum. Salah satu pemilik Vespa yang telah melakukan cara ini adalah Gembit, pemilik Vespa Sprint pada 2015.

Demikianlah, artikel ini kami buat untuk Anda. Semoga bermanfaat dan ingatlah untuk selalu memikirkan kelebihan dan kekurangan motor yang akan Anda beli yaa Sobat.

Loading...