Tips Aman Mengendarai Motor Saat Macet

Loading...

Apakah Anda seorang pengendara roda dua? Jika benar, pastinya Anda sudah terbiasa dengan berbagai kondisi jalanan. Namun, jika dalam kondisi jalanan yang macet maka pastinya mengendarai sepeda motor bukanlah hal yang mudah. Buktinya, masih banyak kasus pengendara yang mengalami kecelakaan dan cedera saat mengemudi motor di jalanan yang padat merayap. Oleh karena itu, tips aman mengendarai motor saat macet penting untuk Anda ketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Penyebab kecelakaan
– Tips aman mengendarai motor saat macet

Di bawah ini adalah beberapa tips aman mengendarai motor saat macet, antara lain sebagai berikut:

1. Posisi tangan dan kaki sigap di tuas rem
Ini merupakan hal yang paling penting untuk Anda terapkan karena ketika macet terkadang Anda diharuskan untuk bereaksi dengan ekstra cepat baik ketika menekan tuas rem atau bahkan pedal rem belakang. Untuk itu, selalu letakkan beberapa jari tangan dan kaki Anda di tuas rem. Setidaknya letakkan satu atau dua jari di tuas rem dan jempol kanan di pedal rem belakang. Sehingga ketika ada pengendara lain yang ber-manuver Anda sudah siap.

2. Senantiasa memperhatikan kaca spion
Dikutip dari Metronews.com, dalam kondisi jalanan yang buruk terkadang memaksa Anda menemukan celah untuk bisa lolos dari padatnya kendaraan. Ini adalah masalah yang wajar, tetapi jika Anda melakukannya dengan gegabah maka kemungkinan celaka atau terluka bisa terjadi pada Anda.

Usahakan untuk selalu melihat dan memperhatikan blind spot, terutama di area belakang Anda melalui kaca spion. Sehingga ketika Anda ingin mendahului atau bergerak mencari celah jalan maka Anda tidak akan bertabrakan dengan kendaraan di belakang. Namun, Anda juga tidak boleh terlalu fokus di kaca spion. Bagi perhatian Anda dengan memperhatikan blind spot atau jalanan di depan Anda juga sehingga tidak terjadi kecelakaan tiba-tiba seperti kendaraan mobil di depan yang mengerem tiba-tiba atau ada motor lain yang tiba-tiba muncul dari celah.

Loading...

3. Jangan lengah saat akan berbelok
Langkah ini sangat penting bagi Anda yang melewati jalur belokan tetapi dalam situasi kembali macet. Alasannya, jika Anda lengah saat melewati cara ini niscaya akan mencelakakan Anda. Karena itu, jangan lupa menyalakan lampu baik saat Anda mengemudi siang hari atau bahkan di malam hari. Jika Anda melihat pergerakan, maka wajib hukumnya siap untuk mengerem atau bahkan berakselerasi menghindar.

4. Perhatikan masalah persneling saat mengemudi
Dalam kondisi macet, sebaiknya Anda harus mengendarai sepeda motor dengan gigi rendah sehingga motor Anda siap untuk berakselerasi jika diinginkan. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan rem cukup sering. Putaran mesin yang tinggi juga dapat mengekspresikan kehadiran Anda. Tetapi jangan gunakan suara knalpot untuk mengusir pengendara lain, karena hal ini malah akan menimbulkan rasa benci dari pengendara lain. (Baca Juga: Cara Mengatasi Gigi Persneling Motor Keras)

5. Selalu waspada saat bermanuver
Saat mengemudi di jalanan yang padat, biasakan untuk mengaktifkan jempol Anda. Arahkan untuk menekan tombol sen ketika ingin bermanuver atau bahkan membungkuk. Lampu sen yang berkedip dapat menjadi sinyal yang akan segera dipahami oleh pengendara lain di depan dan di belakang Anda. Jadi jangan lupa untuk memberikan tanda lewat lampu sein ketika akan bermanuver di celah-celah mobil supaya tidak membahayakan Anda dan pengendara lain.

Cukup jelas bukan? Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda tetap aman dalam berkendara sekalipun dijalanan macet.

Loading...