Faktor yang Membuat Cat Motor Cepat Pudar

MotorBalap.ID – Merawat sepeda motor kesayangan bukan hanya soal menjaga performa mesinnya saja, namun penampilannya juga menjadi perhatian khusus bagi pemiliknya. Terlebih yang berhubungan dengan cat bodi motor. Motor yang kusam dan kotor pastinya kurang enak untuk dipandang bukan? Maka dari itu sangat disarankan untuk mengetahui faktor yang membuat cat motor cepat pudar sehingga tampilan motor Anda akan terlihat seperti kusam dan tidak mengkilap.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Pentingnya merawat sebuah motor
– Faktor yang membuat cat motor cepat pudar

Setiap pemilik sepeda motor, penting untuk senantiasa menjaga luar dan dalam komponen motornya. Hal ini sangat penting untuk menjaga motor tetap awet, maka dari itu berikut faktor yang membuat cat motor cepat pudar yang perlu Anda ketahui:

Debu yang Menempel
Debu yang terlalu lama menempel pada bodi motor akan membuat daya kilap plastik berkurang. Jangan sepelekan hal ini, partikel halus pengganggu yang hampir selalu hinggap di motor ini juga bisa membuat keindahan warna motor Anda terganggu. Karena itu luangkan waktu untuk mencuci motor Anda. Jangan pernah mengelap debu langsung dengan lap kering karena lap kering hanya menyebabkan baret tipis di permukaan bodi motor. Sebaiknya Anda lap dengan kanebo dan biasakan untuk membasuh debu langsung dengan air sehingga partikel-partikel tersebut luntur dari bodi.

Pencucian
Menurut GridOto.com, proses pencucian motor yang buruk juga dapat menyebabkan rusaknya cat motor, seperti menggunakan sabun atau deterjen yang bukan khusus untuk mencuci motor. Kandungan bahan kimia dari sabun atau deterjen tersebut dapat merusak kualitas dan mengikis cat bodi motor. Solusi yang baik saat mencuci motor gunakan sampo khusus motor yang sudah tersedia di toko dan supermarket terdekat. Cucilah motor saat mesin dalam kondisi dingin dan tempatkan di tempat yang teduh.

Pengeringan
Proses pengeringan juga merupakan faktor yang dapat menurunkan kualitas cat pada motor. Pengeringan yang tidak tepat, seperti bintik-bintik air yang masih tertinggal di bodi motor, dapat menyebabkan munculnya noda air atau jamur yang nantinya sulit dihilangkan. Oleh karena itu, keringkan semua bagian motor sampai ke celah-celahnya setelah Anda selesai mencuci motor. Gunakan kanebo atau kain halus lainnya yang tidak akan menggores cat motor.

Air Hujan
Seperti yang telah Anda ketahui, air hujan mengandung zat asam nitrat (HNO3) yang dapat merusak lapisan pengkilat cat bodi motor. Bahkan kandungan air hujan ini bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin dan sasis. Anda dapat mengetahui tips mudah merawat motor di musim hujan karena memang sulit untuk menghindari air hujan apalagi di musim penghujan, namun jika motor terlanjur terkena air hujan, jangan pernah Anda menunda untuk langsung membilas bodi motor yang terkena air hujan tersebut.

Panas Terik Matahari
Panas terik matahari sangat berpengaruh pada memudarnya motor cat, apalagi parkirnya berlangsung lama selama berjam-jam. Radiasi sinar ultraviolet dari sinar matahari dapat mendekonstruksi lapisan cat, sehingga warna cat motor menjadi kusam, pudar, atau bahkan menguning. Untuk itu saat Anda memarkirkan motor, usahakan mencari tempat parkir yang teduh atau tertutup. Atau Anda bisa juga menutupi motor dengan sarung motor yang kini sudah banyak dijual di toko-toko aksesoris sepeda motor.

Percikan & Tumpahan Minyak
Anda harus berhati-hati dengan yang namanya minyak rem. Cairan ini penting dalam fungsi pengereman. Seperti yang kita ketahui, minyak rem dapat meresap ke dalam lapisan cat sehingga dapat merusak cat bodi motor Anda. Tidak hanya minyak rem saja, bahan bakar minyak (BBM) juga dapat mempengaruhi cat bodi motor. Jika Anda sadar bahwa bodi motor dipenuhi percikan dan tumpahan minyak. Segeralah bersihkan dengan kain microfiber atau kanebo.

Demikianlah beberapa penyebab dan solusi mencegah cat motor cepat pudar, meskipun terlihat sepele namun penyebab tersebut jika tidak segera diatasi maka akan merusak bodi motor Anda. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*