Cara Memasang Kampas Rem Belakang Honda Beat

MotorBalap.ID – Sistem rem pada kendaraan roda dua berfungsi untuk memperkecil laju kendaraan saat berjalan. Pada prinsipnya, sistem rem ini menggunakan perubahan energi gerak menjadi panas melalui gaya gesek yang diperoleh dari piringan dan kampas rem. Hampir di setiap motor atau mobil terdapat komponen kampas rem, apalagi untuk motor matic seperti Honda Beat. Pada post ini, kami akan memberitahukan cara memasang kampas rem belakang Honda Beat yang pastinya dapat Anda ikuti dengan mudah.

Di kesempatan sebelumnya, Anda sudah mengetahui Cara Mengatasi Bunyi Berdecit pada Rem Motor yang berkaitan dengan komponen kampas rem. Kampas atau brake ialah komponen yang mempunyai gaya gesek besar untuk melakukan penggesekan pada permukaan tromol atau rotor agar terjadi efek braking.

Mengenal Kampas Rem
Fungsi kampas rem ialah untuk menekan piringan rem atau tromol supaya terjadi gesekan diantara kedua komponen itu. Karena bahan penyusun kampas rem terbuat dari bahan keramik yang mempunyai gaya gesek tinggi, maka saat menyentuh piringan akan terjadi gesekan yang mengubah energi putar menjadi energi gerak, alhasil laju kendaraan akan terhenti.

Dilihat dari bentuknya, ada dua jenis model kampas yakni kampas rem cakram dan tromol. Baik tromol maupun cakram, kampas rem memiliki batas usia yang lama-kelamaan akan habis sehingga rem berbunyi tidak normal dan mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Pertanda kampas rem yang telah habis biasanya dapat ditandai dengan suara berdenging yang sangat bising saat direm. Suara denging ini sebagai tanda awal jika kampas rem harus diganti, namun ada pula yang menandai adanya kotoran atau debu yang masuk dalam tromol atau rumah kampas rem yang sudah terlalu banyak. Selain itu, kampas rem yang telah mengeras sehingga gesekan antara tromol dan kampas rem menjadi licin dan suara bising pun terdengar dari rumah kampas rem saat pengereman.

Kalau sudah terjadi tanda-tanda seperti itu, maka Anda perlu membongkar kampas rem tersebut. Sebelum itu, persiapkanlah peralatan yang dibutuhkan untuk memasang kampas rem Honda Beat. Peralatan tersebut adalah kunci T ukuran 14 untuk melepas baut pengait knalpot, kunci T ukuran 12 untuk melepas laher knalpot, dan kunci sok ukuran 24 untuk membuka baut roda.

Berikut ini cara memasang kampas rem belakang Honda Beat:
– Posisikan motor pada standar miring, agar Anda bisa melepas baut 12 pada laher knalpot dengan mudah.
– Setelah laher knalpot sudah terlepas, jangan lupa untuk melepaskan baut pengait knalpot menggunakan kunci T 14.
– Lalu, lepaskan baut pengait roda dengan menggunakan kunci sok 24.
– Untuk melepaskan baut roda ini, usahakan untuk menggunakan kunci yang benar-benar presisi supaya tidak merusak baut roda.
– Posisikan motor pada standar samping lalu tekan tuas rem belakang agar roda tidak ikut berputar.
– Lalu kendurkan dengan menggunakan kunci sok 24. Kalau bisa, stang soknya agak panjang supaya mudah dalam proses pelepasan.
– Kemudian, lepas kampas rem dan bersihkan semua debu dan kotoran dengan menggunakan kompresor angin atau mencucinya dengan air dan sikat menggunakan sikat gigi.
– Setelah sudah, Anda bisa memasang kampas rem dengan komponen yang baru.
– Jika kampas rem sudah terpasang, pasang kembali seperti semula.
– Demi keamanan, periksa semua baut yang sudah dipasang, lalu setel jarak pengereman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*