Mencari Peluang di Bidang Otomotif, Buka Bengkel Motor Saja

Mencari Peluang di Bidang Otomotif, Buka Bengkel Motor Saja! Seperti yang kita ketahui jika kendaraan motor sudah sangat mendominasi di setiap daerah. Ada banyak alasan mengapa masyarakat lebih memilih motor dibandingkan kendaraan lainnya. Alasan utamanya ialah harganya yang relatif lebih rendah dibandingan dengan kendaraan lainnya di era inu. Belum lagi bahan bakar yang masih relatif ringan di kantong juga.

Semakin banyaknya pengguna kendaraan motor ini tentu peluang membuka bisnis otomotif menjadi lebih besar. Kamu ingin membuka bengkel motor tetapi tidak tahu bagaimana memulainya? Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai langkah-langkah membuka bisnis ini lho! Berikut beberapa langkah atau tips yang dapat kamu terapkan:

Carilah Tempat yang Startegis

Peluang di bidang otomotif yang satu ini cukup menguntungkan karena intensitas kendaraan motor tiap tahun selalu meningkat. Untuk tips pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan menyiapkan tempat yang cocok dalam artian strategis. Dahulu saja ketika berdagang nenek moyang mencari tempat yang strategis terlebih lagi zaman ini. Ada banyak pesaing yang siap membuat bengkel kamu sepi, maka tempat yang strategis setidaknya membuat bengkel kamu tetap stabil nantinya.

Meski kita tahu jika semakin strategis tempat yang kita pilih maka semakin besar pula uang sewa yang harus kita bayarkan. Tidak perlu khawatir jika kinerja bengkel kamu baik maka akan ada banyak pengunjung yang datang. Sehingga biaya sewa akan tertutupi dan semua akan menjadi sepadan.

Merekrut Montir Profesional

Untuk mendapatkan peluang di bidang otomotif dengan maksimal caranya ialah dengan merekrut pekerja atau montir yang profesional. Maksudnya profesional di sini ialah yang mengerti benar bagaimana cara memperbaiki motor dan detail-detailnya. Ada cara jitu yang dapat kamu lakukan yakni merekrut satu montir yang sudah berpengalaman di bidanngnya. Nah untuk dua karyawan lagi kamu dapat merekrut yang masih pemula. Biarkan dua pemula ini belajar dengan baik bersama montir profesional kamu.

Carilah Informasi Pemasok Suku Cadang

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan ketika memulai bisnis ini ialah dengan mencari informasi pemasok suku cadang yang baik. Baik di sini dalam artian kualitas suku cadang yang dia jual bagaimana. Perlu diketahui jika mendaptkan pemasok atau supplier sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena bengkel kamu nantinya bukan hanya melayani service saja melainkan suku cadang juga.

Untuk memaksimalkan peluang di bidang otomotif ini, hindarilah mencari suku cadang dari reseller. Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan akan relatif lebih tinggu. Carilah supplier secara langsung dan jangan melalui perantara seperti reseller. Akan tetapi kamu harus memiliki dana lebih karena supplier terkadang mematok minimum pembelian kepada mereka.

Siapkanlah Stretegi Promosi

Agar bengkel kamu lebih dikenal orang, sepertinya sosial media cocok untuk dijadikan lahan promosi kamu. Selain itu kamu bisa memberikan promosi terhadap calon pelanggan kamu lho! Perlu diketahui, ramainya ojek online saat ini dapat dijadikan sasaran empuk promosi kamu lho.

Kuasilah Teknik Mekanik

Peluang di bidang otomotif ini akan lebih berkembang apabila kamu menguasai teknik mekanik. Tidak perlu terburu-buru, pelajarilah secara bertahap. Kamu dapat belajar dari karyawan kamu yang profesional di bidangnya. Hal ini tentunya sebagai bentuk antisipasi kamu jika salah satu karyawan mengundurkan diri atau sakit.

Demikianlah beberapa tips untuk memaksimalkan peluang di bidang otomotif yang dapat kamu lakukan dengan membuka bengkel. Bagaimana, ingin mencobanya? Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat membantu ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*