Keuntungan Ambil Jurusan Otomotif

Keuntungan Ambil Jurusan Otomotif! Jurusan yang paling diminati mayoritas cowok ini memang selalu eksis ya. Di sekolah menengah kejuruan sekarang lebih spesifik disebut TKR (teknik kendaraan ringan). Hampir kebanyakan masyarakat saat ini khususnya di Indonesia rata-rata memiliki kendaraan pribadi.

Lalu dari sekian banyaknya yang memiliki kendaraan, apakah suatu saat tidak akan rusak? Tentu saja pasti rusak karena masih buatan manusia. Bukan mendoakan orang terkenan musibah ya, kita bicara fakta di lapangan. Bisa kita ambil kesimpulan bahwa otomotif memiliki prospek yang menjanjikan.

Program studi teknik jurusan otomotif sendiri sebenarnya dibagi menjadi tiga program spesifik yaitu; Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Kendaraan Berat (TKB), dan Teknik Sepeda Motor (TSM). Kemudian apa sih keuntungannya? Berikut akan dijelaskan secara ringkas untuk kamu.

Kelebihan Jurusan Otomotif yang Harus Kamu Tahu!

Ilmu Yang Lengkap Dari Ujung ke Ujung
Kamu akan mendapat ilmu yang menyeluruh mulai dari perancangan desain mesin dan tubuh kendaraan, proses pengujian hingga analisa dan perawatannya. Mulai dari pembuatan sepeda motor, mobil, truk, bus hingga kereta api. Untuk ke dalamnya kamu akan memiliki spesialisasi dalam bidang khusus, misal sistem pengadaan, mesin pembakaran, sasis (kerangka internal), tubuh, dan seterusnya.

Misalnya passion kamu lebih besar pada desain tubuh mobil, motor, atau bus kamu bisa menjadi spesialis di bidang tersebut. Begitu juga dengan yang lain sesuai di bidang apa yang ingin kamu kuasai. Karena jurusan otomotif memang banyak ya jurusan turunannya.

Kegiatan Sekolah Jadi Mentang dan Menarik
Di jurusan ini kamu akan banyak mendapatkan pengalaman yang sangat menarik, tidak hanya soal teknik, sisi kreatif dari dirimu juga akan terasah. Karena di dalamnya ada kegiatan merancang dan memproduksi model visual kendaraan; mendesain, memilih, dan mengoptimalkan bahan yang sesuai untuk komponen otomotif, menerapkan prinsip mekanik, termodinamika, dan prinsip mekatronik.

Kemudian di jurusan otomotif kamu akan diajarkan merancang, menginvestasi, dan melakukan tes pemeliharaan sistem otomotif; melakukan control dan manajemen kualitas kendaraan mulai dari desain, manufaktur sampai tahap penyelesaian.

Jurusan Otomotif Memiliki Prospek Kerja yang Menjanjikan
Bukan hanya di bengkel saja! Di jurusan kamu telah belajar ilmu yang luas dari perancangan teknis, pengembangan, produksi, dan perawatan, maka peluang kerja juga sangat luas. Kamu bisa bekerja di belakang komputer sebagai perencanaan perawatan, insinyur hingga perancang. Bisa juga jadi spesialis otomotif, insinyur lokomotif.

Kamu juga berkesempatan menjadi tulang punggung di perusahaan produsen kendaraan terkemuka maupun produsen mesin dan suku cadang-nya. Sudah banyak sekali produsen kendaraan besar yang masuk ke Indonesia untuk itu jangkauan prospek jurusan otomotif sangat luas.

Indonesia Akan dan Terus Membutuhkan SDM Jurusan Otomotif
Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini bahwa mayoritas masyarakat Indonesia memiliki kendaraan pribadi mulai dari anak sekolahan, mahasiswa/I, sampai pekerja. Di tahun 2020, kemampuan produksi Indonesia mencapai 2,6 juta unit di mana 1,6 juta unit untuk pasar domestik.

Sepeda motor, produksi, dan konsumsinya selalu meningkat tajam pertahunnya. Dari data itu, terlihat sudah bahwa SDM jurusan otomotif pasti akan sangat dicari, diharapkan dalam beberapa tahun.

Memberikan Sumbangsih Untuk Indonesia? Bisa banget!
Semakin meningkatnya produksi dan konsumsi kendaraan, maka jurusan ini menjadi salah satu pilihan. Namun, ada sisi negatifnya dari meningkatnya produksi dan konsumsi kendaraan yaitu semakin meningkatnya juga pemakaian bahan bakar minyak. Dengan berkuliah di jurusan ini kamu bisa menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan untuk Indonesia.

Inilah sebagian kecil keuntungan jika kamu mengambil jurusan otomotif selain mendapat profit kamu juga bisa berguna untuk bangsa dan negara. Selamat belajar ya teman-teman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*