Tips Memperbaiki Speedometer Digital Motor

MotorBalap.ID– Tidak ada motor yang tidak memiliki komponen speedometer. Ya, mau itu motor berjenis manual atau matic, pasti memiliki speedometer di body motor tersebut. Komponen ini merupakan alat ukur kecepatan yang wajib ada di setiap kendaraan. Namun bagaimana jika speedometer tidak berfungsi alias rusak? Jika Anda kebetulan sedang mengalaminya, maka Anda bisa membaca tips memperbaiki speedometer digital motor pada artikel kali ini.

Di kesempatan sebelumnya, kami telah memberitahukan cara memperbaiki indikator bensin tidak berfungsi yang tempatnya terkadang di samping atau di bawah speedometer. Lantas bagaimana jika speedometer yang tidak bisa bekerja secara normal?

Perlu diketahui, speedometer terbagi menjadi dua jenis yaitu speedometer analog dan speedometer digital. Speedometer jenis analog yakni speedometer yang masih mengandalkan teknologi konvensional, sementara speedometer jenis digital telah menggunakan alat bantu elektronik satu level di atas speedometer analog.

Tips Memperbaiki Speedometer Digital Motor
Speedometer ialah komponen yang agak sensitif, sehingga sedikit saja terjadi masalah, maka jarumnya tidak dapaat bergerak atau tidak berjalan normal sebagaimana mestinya. Penyebab yang paling sering terjadi biasanya diakibatkan oleh kabel speedometer yang lepas, putus, atau gear yang terhubung dengan kabel sudah macet.

Selain itu, masih banyak penyebab yang mungkin bisa terjadi dan membuat Anda kebingunan untuk memperbaiki speedometer yang tak berfungsi itu. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu baru bisa memperbaiki atau mengatasi penyebab speedometer mati tersebut.

1. Velg Rusak
Tips memperbaiki speedometer motor digital selanjutnya ialah jika penyebabnya berasal dari landasan velg yang rusak atau macet, sehingga putaran gear speedometer semakin terhambat. Satu-satunya solusi adalah mengganti velg dengan komponen baru.

2. Gear Speedometer Aus
Salah satu penyebab speedometer mati adalah gear speedometer pada as roda yang sudah aus. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti speedometer dengan yang baru, penyebab lainnya bisa jadi karena speedomotor kotor atau terkena debu sehingga rotasi tidak bekerja optimal, oleh karena itu segera bersihkan gigi-giginya lalu hubungkan ke posisi awal.

3. Kabel Speedometer Putus
Penyebab berikutnya adalah kabel speedometernya yang putus. Anda perlu membuka kabel speedometer tersebut dan jika kabel terputus saat ditarik berarti inilah sumber masalahnya mengapa speedometer mati. Solusinya adalah hubungkan dulu kabel speedometer yang terputus tadi dengan menggunalan alat perekat. Lalu uji apakah speedometer berfungsi atau tidak. Jika masih tidak bekerja, berarti Anda harus mengganti kabel speedometer dengan kabel baru.

4. Panel Speedometer Rusak
Cara memperbaiki speedometer motor digital berikutnya ialah jika terjadi kerusakan pada panel speedometer. Meski masalah ini jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti Anda akan mengalaminya.

Biasanya masalah ini terjadi pada motor yang sudah berusia tua, karena performa komponen pada motor tidak maksimal lagi. Hal ini dapat terjadi karena kemasukan air atau kabel terbakar. Satu-satunya solusi adalah mengganti speedometer motor Anda.

5. Socket Speedometer Putus
Masalah selanjutnya adalah soket speedometer yang putus sehingga menyebabkan putaran kabel ke speedometer tidak maksimal dan tidak terbaca, bahkan tidak mau bergerak sama sekali. Solusinya adalah dengan mengecek kabel soket motor menggunakan multitester agar lebih akurat.

6. Sekring Speedometer Bermasalah
Apabila masalah ini terjadi, maka cobalah untuk memeriksa bagian paling sederhana dari komponen speedometer Anda, misalnya dengan melakukan cek seering utama. Hal ini dilakukan jika motor sudah menggunakan speedometer digital. Cara yang Anda lakukan adalah memeriksa sekring dengan membuka penutup samping di area motor baterai, perhatikan sekeringnya dan lihat semua koneksi kabel apakah ada yang terputus atau tidak. Jika ada yang terputus, Anda bisa menghubungkannya sehingga kabel bisa berfungsi kembali.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*