Beranda Tips Cara Memperbaiki Indikator Bensin Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Tidak Berfungsi

MotorBalap.ID – Mengisi bensin pastinya menjadi sebuah kewajiban bagi setiap pengguna kendaraan, apalagi jika bahan bakar sudah hampir habis. Selain untuk menjaga keawetan mesin, mengisi bensin juga menghindari pengeluaran tenaga fisik yang sia-sia untuk mendorong motor jika mogok. Namun bagaimana kita tahu berapa sisa kapasitas bahan bakar jika tidak dari jarum indikator bensin? Kalau bagian ini rusak, Anda pasti repot membuka-tutup jok motor hanya untuk mengetahui sisa bensin di dalam tangki. Maka dari itu, kali ini kami akan memberitahukan cara memperbaiki indikator bensin tidak berfungsi dengan mudah dan cepat.

Di kesempatan sebelumnya kami telah membahas tentang salah satu indikator pada motor, tapi bukan indikator bensin, melainkan lampu indikator injeksi menyala terus yang bisa saja menjadi tanda akan kerusakan di dalam mesin motor. Jika Anda mengalami hal ini, maka Anda harus segera mengatasinya agar kerusakan pada satu titik merembet ke titik lainnya.

Mengecek Kerusakan Pada Indikator Bensin
Indikator bensin yang berupa jarum ataupun digital akan memberikan kemudahan bagi pengendara untuk mengetahui berapa kapasitas bensin yang masih tersedia di dalam tangki kendaraan motor. Perlu diketahui, ada beberapa hal yang mempengaruhi performa jarum bensin ini yaitu aki. Tentu saja indikator ini tidak mungkin dapat berfungsi tanpa sumber listrik. Oleh karena itu, periksalah kondisi aki motor dengan cara menekan tombol electric starter atau klakson.

Selain aki, Anda juga memeriksa kondisi pelampung bensin. Untuk memeriksa komponen ini, Anda perlu membuka peranti besi yang berada di samping tutup bensin dengan menggunakan obeng plus. Lepas soketnya dan sambungkanlah dua kabel yang terbuka di dalamnya dengan penghantar listrik atau jumper. Apabila jarum speedometer bergerak, berarti pelampung bensin mengalami gangguan. Pelampung bensin dapat rusak atau merenggang bisa saja dikarenakan ketika pengisian bensin ke dalam tangki.

Memperbaiki Kerusakan Pelampung Bensin
Jika jarum indikator bensin tidak dapat berfungsi karena pelampungnya bermasalah, kami telah merangkum cara untuk memperbaikinya di bawah ini:
– Pertama, bukalah pelampung indikator bensin
– Setelah terbuka, maka lepaskanlah spi yang menahan kawat pelampung, kemudian cabut kawat pelampung tersebut
– Di sini, Anda akan melihat lidah kabel tembaga yang tersambung ke batang pelampung. Biasanya lidah kabel yang aus itulah yang akan mengakibatkan tidak menempel
– Oleh karena itu, Anda dapat membengkokkan kembali supaya lidah kabel agar menempel atau dapat memanfaatkan tinol yang disolder
– Kemudian, pasang kembali kawat pelampung dan socket
– Gerakan ke atas dan ke bawah, apabila indikator bergerak maka Anda berhasil memperbaikinya pelampung bensin.
– Terakhir, Anda pasang komponen ini kembali ke tangki.

Selain pelampung bensin dan aki yang dapat menyebabkan indikator bensin tak berfungsi, ternyata jalur kelistrikan yang terhambat juga dapat memicu jarum bensin tak bekerja. Anda bisa mengecek kabel yang menggerakkan jarum itu dengan memakai alat pengukur arus.

Apabila semua hal di atas masih bekerja dengan baik, maka hanya ada satu kemungkinan, yakni ada bagian pada speedometer yang rusak dan mengganggu kerja jarum bensin. Anda bisa memperbaikinya atau ganti speedometer motor dengan yang baru untuk mengatasi hal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here