Cara Mudah Menguras Tangki Bahan Bakar Motor

MotorBalap.ID – Saat Anda mempunyai kendaraan bermotor, sudah pasti Anda harus selalu senantiasa menjaga dan merawatnya secara rutin, meskipun dimulai dari hal yang sepele. Dengan perawatan rutin, sudah pasti performa yang dihasilkan pun tetap terjaga. Salah satu perawatan yang perlu dilakukan ialah menguras tangki bahan bakar motor yang menjadi penampung sumber tenaga dari kendaraan roda dua tersebut. Namun jika Anda belum mengetahui tata caranya, maka tidak ada salahnya jika Anda membaca artikel tentang cara mudah menguras tangki bahan bakar motor di bawah ini.

Di kesempatan sebelumnya, kami juga telah memberikan beberapa tips yang berkaitan tentang bahan bakar, seperti tips agar irit bahan bakar pada motor matic sehingga Anda juga bisa menghemat biaya untuk bensin setiap bulannya.

Cara Menguras Tangki Bahan Bakar Motor
Sebagai media penampungan sumber tenaga motor, maka tangki bensin mempunyai peran yang sangat vital. Apabila terdapat masalah, pastinya akan berimbas pada performa motor tersebut. Perlu diketahui, di dalam tangki bensin motor, bukan hanya terdapat bensin, melainkan juga udara, uap bensin atau bahkan benda-benda asing yang tidak sengaja masuk.

Uap bensin dan udara pada tangki akan menjadi embun. Embun inilah yang akan menjadi kerak dan lama-kelamaan dapat menyebabkan korosi ataupun karatan dalam tangki bensin motor. Oleh karena itulah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu menguras tangki bahan bakar supaya dapat membersihkan karat ataupun benda-benda asing lainnya.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menguras tangki bahan bakar motor dengan benar dan tepat:

– Pertama, siapkan terlebih dahulu kunci-kuncinya seperti obeng plus (+) dan obeng min (-), kunci nomor 8,10, dan 12, serta wadah yang cukup besar untuk menampung bensin dan baut.
– Apabila perlengkapan sudah disiapkan semua, maka Anda bisa langsung membuka semua cover body dari motor termasuk jok. Kemudian, bukalah baut tangki dan lepaskan baut satu-persatu.
– Setelah itu, lepaskan copot jarum pelampungnya menggunakan obeng min (-), lalu arahkan obeng min pada bagian yang juga sedikit menonjol. Langkah berikutnya yaitu pukul pakai palu sedikit demi sedikit hingga bergeser.
– Jangan lupa untuk melepaskan selang yang sudah menghubungkan tangki motor dengan filter bahan bakarnya.
– Kemudian angkatlah tangki motor dan tuangkan semua bensin pada ember yang sudah Anda siapkan.
– Bersihkan tangki dengan udara bertekanan tinggi atau kompresor. Apabila ujungnya terhambat, maka silahkan tusuk ujungnya menggunakan kabel tembaga.
– Tuangkanlah bensin sedikit saja dan masukkan beberapa kelereng. Silahkan Anda guncang tangki hingga bensin terlihat keruh. Lakukan cara tersebut berulang kali hingga bensinnya jernih.
– Kalau bensin sudah jernih, keluarkan kelereng. Jika masih ada karat yang tertinggal, tinggal bersihkan dengan menggunakan sikat gigi.
– Setelah bersih, keringkan tangki bahan bakar tersebut dan pasang kembali ke motor.
– Isi tangki dengan bensin yang sudah dituang ke ember atau bensin baru.
– Selesai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*