Cara Memperbaiki Rantai Motor Cepat Kendur

MotorBalap.ID – Salah satu komponen motor yang cukup penting fungsinya tapi kerap terabaikan ialah rantai motor. Rantai yang kondisinya masih prima akan membuat performa mesin motor menjadi lebih ringan, hemat bahan bakar, dan tarikan motor enteng. Jika rantai tidak dirawat secara rutin, maka bisa cepat kendur atau bahkan bisa terlepas. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara memperbaiki rantai motor cepat kendur yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini.

ika tidak ingin rantai motor kesayangan Anda cepat kendur, maka Anda harus merawat komponen satu ini. Perawatannya pun mudah, Anda cukup membersihkan rantai motor dalam jangka waktu tertentu. Gunakan juga cairan pelindung rantai khusus supaya rantai terlihat seperti baru.

Berikut ini penyebab umum yang dapat membuat rantai cepat kendur dan bisa membuatnya putus secara mendadak:

1. Sering Gas Mendadak
Menarik tuas gas motor secara tiba-tiba menjadi salah satu penyebab rantai cepat kendur. Perilaku satu ini harus benar-benar diubah sehingga rantai tidak kendur dengan cepat. Menarik gas terburu-buru atau ingin mengejar sesuatu agar bisa sampai ditempat tujuan menyebabkan rantai motor longgar.

2. Kelebihan kapasitas
Selanjutnya yaitu terlalu banyak muatan membebani motor menjadi penyebab rantai motor cepat kendur. Hal ini dikarenakan motor terpaksa menarik kuat tenaga sehingga membuat jarak rantai ke arm lebih lama karena bebannya terlalu besar.

3. Kondisi Jalan
Bila Anda berkendara ke tempat tujuan tertentu, jika kondisi jalan yang dilalui bergelombang (tidak mulus) atau banyak lubang, ternyata hal ini bisa menjadi penyebab rantai motor cepat kendur kencang karena lengan ayun sering bergerak dan membuat rantai tersentak dengan keras.

4. Perawatan
Perawatan rantai motor juga bisa menjadi penyebab rantai cepat kendur, yang berarti jika Anda jarang merawatnya pasti akan menyebabkan rantai tidak prima. Berbeda lagi jika Anda rajin merawatnya dengan membersihkan dengan cairan pembersih khusus, rantai motor tidak mudah berkarat, tidak bunyi dan tidak mudah kendur.

5. Gaya Berkendara
Sebenarnya gaya berkendara masih sama dengan point nomor satu.. Sebagian besar pengendara yang baik akan mengendarai motor dengan baik pula, namun ada pula pengendara motor dengan asal-asalan atau gas dan rem secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja menjadi penyebab rantai motor cepat kendur dan juga membuat mesin aus.

Cara Mengatasi Rantai Motor yang Cepat Kendur

1. Atur Ketegangan Rantai
Untuk dapat mengatur ketegangan rantai motor yang tepat, Anda perlu menggunakan standar tengah dan menaiki motor agar mendapatkan beban, jadi Anda akan tahu rantai terlalu kencang dan juga tidak terlalu longgar. Selain itu, Anda bisa sesuaikan ketegangan rantai motor dengan menggunakan beban dua orang atau dengan satu orang, dimana jarak bebas motor paling penting sekitar 15 mm.

2. Menggunakan Rantai Stasioner
Cara satu ini sebenarnya yang paling sederhana karena Anda cukup melakukan modifikasi dibengkel. Anda bisa meminta bantuan montir untuk merubah rantai standar menjadi rantai stasioner. Harganya juga tidak terlalu mahal, mungkin minimal Rp 100 ribu karena biasanya harga akan menentukan kualitasnya.

3. Ganti Gearset
Cara ampuh lainnya adalah mengganti gearset, terutama bagi pengendara yang sering melewati area penggunaan, maka wajib untuk mengganti gearset agar lebih nyaman saat digunakan mengemudi. Untuk ukuran gearset, Anda bisa menggunakan 14-39 (14 mata gear depan + 38 mata gear belakang), dengan menggunakan ukuran ketebalan rantai 428H yang dianggap paling bagus dan tepat untuk melewati area bukit dan touring.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*