Beranda Tips Trik Membersihkan Rantai Motor

Trik Membersihkan Rantai Motor

MotorBalap.ID – Setiap part komponen motor memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing, jadi tidak bisa dipisahkan yang mana yang harus dibersihkan lebih dulu. Salah satu bagian yang patut dijadikan perhatian ialah rantai motor yang menjadi perantara antar mesin dan ban motor. Rantai motor ini memang cepat sekali kotor karena berdekatan dengan aspal atau tanah sehingga kotoran atau debu mudah menempel. Namun membersihkan rantai mungkin cukup sulit karena itulah kami akan memberitahukan sejumlah trik membersihkan rantai motor dengan benar dan tepat.

Rantai motor berkaitan erat dengan bagian gear. Apabila gear motor Anda saat ini menimbulkan bunyi yang aneh, mungkin saja ada masalah pada bagian tersebut. Anda bisa membaca penyebab dan tips mengatasi gear depan motor berbunyi pada artikel kami sebelumnya.

Membersihkan Rantai Motor Dengan Benar
Sebelum memulai proses pembersihan, alangkah baiknya jika kita menyiapkan terlebih dahulu beberapa perlengkapan dan alat bantu lainnya seperti:
– Spray, berguna untuk mengangkat noda seperti oli bekas berwarna hitam yang melekat pada rantai, jadi Anda tidak perlu repot mengeluarkan efford yang lebih untuk membersihkan rantai.
– Lap bersih dan kering yang berguna untuk mengelap rantai motor. Anda juga bisa menyiapkan baju bekas dari bahan katun.
– Sikat gigi bekas yang bisa digunakan untuk membersihkan kotoran atau oli-oli pada disela-sela rantai. Sikat gigi bekas ini juga berguna untuk finishing hasil yang sudah dibersihkan.
– Sarung tangan pembersih supaya tangan Anda tidak terkena oli yang sering membekas di tangan cukup lama.
– Cairan pembersih untuk mengangkat kotoran yang membandel di rantai.
– Cairan pelindung rantai yang berguna untuk merawat rantai seperti baru.
– Kardus bekas yang menghalangi bagian rantai dengan bagian motor agar tidak terkena satu sama lain. Takutnya saat menggunakan spray, Anda akan terkena komponen lainnya.

Setelah alat dan persiapan sudah tersedua semua, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan rantai dengan benar.
– Yang pertama adalah Anda perlu memanaskan motor. Dengan memanaskan motor, part rantai pun akan semakin mudah untuk dibersihkan.
– Setelah memanaskan motor, posisikan motor dalam standar dua di atas permukaan yang datar dan luas sepaya Anda leluasa membersihkannya.
– Bukalah penutup rantai apabila motor Anda memiliki tutup rantai seperti motor bebek jaman dulu. Ataupun kalau ada aksesoris lain, Anda bisa melepasnya dahulu.
– Lalu, siapkan kardus dan semua alat uang sudah disiapkan.
– Tutupi bagian yang berseberangan dengan rantai yang akan dibersihkan. Perlakukan ini dimaksudkan agar komponen lain tidak terkena spray atau bekas oli.
– Anda bisa menggunakan sarung tangan agar oli tidak menempel pada telapak tangan.
– Setelah kardus sudah menutupi bagian motor lain, maka Anda bisa memulai menyemprotkan cairan atau pelumas terlebih dahulu.
– Semprotkan secara merata ke semua bagian rantai, mulai dari atas, ke arah sisi yang menghadap Anda, kemudian ke bawah rantai.
– Putar-putar bagian ban agar semua bagian rantai tersemprot oleh cairan ini.
– Diamkan beberapa saat, mungkin sekitar 5 menit untuk memberi waktu supaya kotoran yang menempel bisa terkikis.
– Setelah itu, gosoklah rantai dengan sikat gigi bekas sampai semua kotoran dan oli yang menempel sudah terlepas.
– Basuhlah rantai dengan air mengalir, putar ban secara perlahan agar semua bagian terbasuh dengan baik.
– Keringkan rantai dengan kain atau lap.
– Terakhir, semprotkan pelumas pelindung rantai secara merata ke bagian yang rawan kotor.
– Lakukan langkah ini dengan waktu 1-2 bulan sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here