Beranda Tips Penyebab dan Cara Mengatasi Speedometer Mati

Penyebab dan Cara Mengatasi Speedometer Mati

Speedometer berfungsi untuk mengetahui informasi tentang kecepatan kendaraan agar kecepatan tersebut dapat Anda kendalikan dan batasi dengan kecepatan yang stabil. Jika speedometer motor mati maka Anda tidak bisa mengetahui atau mengendalikan kecepatan motor, ini sangat berbahaya untuk Anda dan pengendara lainnya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan membahas penyebab dan cara memperbaiki speedometer mati yang bisa Anda ketahui.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Fungsi dari speedometer
– Tanda- tanda speedometer mati
– Jenis-jenis speedometer
– Penyebab dan cara mengatasi speedometer mati

Menurut Merdeka.com, tanda-tanda speedometer mati biasanya jarum penunjuk diam tidak bergerak di angka 0 kpj. Tetap tidak bergerak sekalipun Anda gas dengan kecang. Tanda lainnya seperti jaruk penunjuk bergerak naik turun saat dibawa melaju serta terkadang bergerak sangat lambat ini merupakan tanda-tanda bahwa speedometer yang Anda miliki telah rusak.

Terdapat 3 jenis speedometer pada motor yang perlu Anda ketahui:

1. Speedometer Elektronik
Speedometer ini bekerja dengan menggunakan sensor yang biasanya diletakkan di poros penggerak kendaraan, sensor tersebut bisa mendeteksi jumlah putaran porosnya, selanjutnya diteruskan ke speedometer melalui perangkat pembaca sensor yang akan diproses dan dapat dilihat oleh pengendara, baik itu analog maupun digital.

2. Speedometer GPS
Speedometer GPS bekerja lebih canggih, kelebihan penggunaan sistem speedometer GPS ini bisa mengurangi jumlah kabel yang digunakan, sehingga kendaraan terlihat lebih rapi.

3. Speedometer Mekanis
Cara kerja speedomater ini biasanya menggunakan roda depan sebagai acuan untuk menentukan kecepatan, yaitu dengan menghubungkan speedometer dan sumbu roda menggunakan sebuah kabel khusus, saat roda berputar maka ujung kabel ikut berinteraksi sehingga bisa menggerakkan jarum speedometer. Speedometer jenis ini sering digunakan oleh sebagian besar kendaraan roda dua di Indonesia.

Setelah mengetahui beberapa jenis speedometer, penting juga untuk mengetahui bagian speedometer yang menjadi penyebab speedometer mati:

– Gearbox Speedometer
Fungsi gearbox speedometer mengalirkan tenaga dari roda ke kabel baik berputar atau bergeser. Masalah yang paling umum terjadi pada gearbox seperti kurang teliti pada saat pemasangan gearbox sehingga tidak pas yang menyebabkan aliran daya dari roda tidak sepenuhnya disalurkan ke speedometer. Gearbox rusak atau putus, yang disebabkan oleh benturan keras atau gearbox sudah aus, coba periksa gigi di dalam gearbox apakah sudah terkikis menjadi kecil atau tidak, jika sudah terkikis segera ganti yang baru.

– Kabel Speedometer
Periksa kabel speedometer, lihat apakah kabelnya putus atau rusak (disebabkan oleh kabel yang tertekuk atau tertarik). Lepaskan kabel dengan hati-hati dari gearbox pada sumbu ban, jika saat Anda tarik kabel terasa tersendat dan terdapat karat yang mungkin disebabkan oleh air yang merembes ke dalam atau usia kabel telah usang segera ganti kabelnya, karena ini bisa jadi penyebab matinya speedometer.

– Speedometer
Jika tidak terdapat masalah pada kabel dan gearbox, bisa jadi speedometer Anda bermasalah seperti gear lepas atau rusak, per yang berguna untuk menggerakkan jarum patah, jarum pada speedopeter tersendat atau bagian dalam speedometer berkarat.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi speedometer mati yang bisa menambah pengetahuan Anda dalam dunia otomotif. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here