Beranda Tips Bagaimana Cara Mengatasi Tangki Motor yang Bocor?

Bagaimana Cara Mengatasi Tangki Motor yang Bocor?

MotorBalap.ID – Saat ini, hampir setiap kehidupan rumah tangga, pasti memiliki setidaknya satu buah motor. Berkat adanya motor, aktivitas manusia pun semakin dipermudah untuk pergi dari jarak dekat hingga jauh sekalipun. Namun perlu diingat, motor masih sebuah mesin buatan manusia sehingga wajar jika mengalami kekurangan atau kerusakan di bagian tertentu. Meskipun demikian, kerusakan komponen motor juga pasti memunculkan kekhawatiran pada sang pengendara. Sebagai contohnya ialah saat Anda menemukan tangki bahan bakar telah bocor.

Selain mengganggu kenyamanan, tangki motor yang bocor juga akan sangat membahayakan si pengendara. Apalagi jika Anda tidak sengaja menghidupkan api, maka habislah sudah motor tersebut. Namun apa sebenarnya penyebab kebocoran pada tangki bahan bakar ini? jawabannya ternyata sangat sepele, yaitu air.

Air dapat masuk ke dalam tempat penampungan bahan bakar melalui tutup tangkinya. Apabila hal ini terjadi terus-menerus, maka lama-kelamaan air akan menjadi banyak dan mengendap di dasar tangki. Hal inilah yang membuat plat tangki motor bagian bawahnya mengalami keroposan sehingga tangki motor pun akan bocor.

Apabila Anda kebetulan sedang mengalami hal ini, jangan panik karena ada cara untuk memperbaikinya. Menurut seorang ahli yang membuat tangki motor, ada beberapa barang sederhana yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi tangki motor yang bocor. Perlengkapan yang dimaksudkan adalah epoxy, detergen pakaian, dan kelereng. Lalu langkah-langkah apa saja yang perlu Anda lakukan?

Pada langkah awal, lepaskanlah tangki dari body motor dan tuangkanlah sisa bensin yang berada di dalamnya sampai habis. Jika tangki dirasa sudah cukup kering, Anda dapat memasukkan detergen ke dalam tangki secukupnya. Setelah itu, masukkan air sebanyak setengah tangki yang kemudian disusul dengan memasukkan kelereng-kelereng kecil.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengocok tangki yang berisi air busa dan kelereng. Lakukanlah hal ini hingga sisa-sisa bensin hilang sepenuhnya. Langkah ini ditujukan untuk membuang seluruh sisa bensin yang menempel di dalam tangki. Kemudian, keringkanlah tangki tersebut di bawah terik matahari supaya cepat kering.

Apabila tangki sudah dalam keadaan kering, sekarang gunakanlah epoxy. Masukkan cairan epoxy yang telah dicampur dengan hardenernya, lalu goyang-goyangkan tangki yang sudah berisikan epoxy tadi. Langkah ini dilakukan guna menutup lubang yang menyebabkan bensin bocor. Setelah cairan merata, keringkan lagi di bawah terik matahari. Memang terlihat sederhana, namun ternyata epoxy punya ketahanan yang cukup tinggi terhadap bensin. Epoxy tak mudah luntur kalau terkena bensin, dengan syarat, kondisinya dalam melapisi tangki benar-benar kering. Langkah simpel ini dipercaya akan membantu mengatasi lubang-lobang pada tangki, yang kira-kira besarnya seperti kepala patang korek api. Namun jika bocor yang memang sudah keterlaluan, Anda dapat langsung mengkonsultasikannya pada bengkel resmi sepeda motor Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here