Tips Merawat Mobil Matic Yang Harus Kamu Ketahui

Tips Merawat Mobil Matic Yang Harus Kamu Ketahui! Zaman sekarang, memang mobil menjadi transportasi yang paling banyak diminati masyarakat. Maka dari itu, tidak heran jika produsen mobil terus berlomba-lomba dalam menciptakan mobil untuk menarik banyak minat konsumen. Salah satu jenis mobil yang menarik minat masyarakat adalah mobil matic.

Sama seperti halnya motor, mobil matic lebih mudah digunakan dibandingkan dengan mobil manual. Karena mudahnya digunakan, mobil ini sangat cocok untuk pemula atau orang yang ingin belajar berkendara, dan juga cocok untuk perempuan. Untuk mengendarai motor matic, kamu hanya perlu berpatokan pada rem dan gas saja. Meski mudah digunakan, mobil matic harus dirawat secara istimewa, lho. Berikut ini ulasan mengenai cara-cara merawat mobil matic, yuk disimak!

Servis Mobil Secara Berkala
Tips merawat mobil matic yang pertama ialah melakukan servis mobil secara rutin atau berkala ke bengkel-bengkel resmi. Sebenarnya, tips ini bukan hanya untuk mobil matic saja tetapi juga mobil manual dan jenis kendaraan yang lain. Ketika kamu melakukan servis secara berkala dan rutin, kamu jadi bisa mengetahui keadaan mobilmu.

Fungsi dari servis antara lain agar kamu bisa lebih nyaman dan aman saat berkendara. Kamu juga mengurangi risiko mobilmu mogok di tengah jalan, karena hal ini bisa sangat merepotkan apalagi jika mobilmu mogok di tempat yang sulit di jangkau orang lain. Sebenarnya, dengan melakukan servis secara rutin, kamu jadi akan lebih menghemat biaya pengeluaran untuk mobilmu. Karena jika sebuah mobil sudah rusak, harga perbaikan bisa saja lebih tinggi dibandingkan dengan harga servis secara rutin. Masih banyak lagi keuntungan dari melakukan servis.

Mengganti Oli Secara Rutin
Selain melakukan servis pada mobil, kamu pun harus mengganti oli transmisi secara rutin dan berkala. Ini merupakan tips merawat mobil matic yang kedua. Transmisi merupakan termasuk hal yang penting untuk mobil matic, maka jika kilometer di mobil matic-mu sudah mencapai 50 ribu kilometer, kamu harus segera pergi ke bengkel untuk mengganti oli transmisinya.

Fungsi dari mengganti oli transmisi antara lain menjaga komponen dari mesin mobil agar tidak mudah rusak. Selain itu juga bisa untuk lebih meningkatkan kinerja mesin dan mencegah mesin dari terkontaminasi kotoran-kotoran yang akan mengganggu. Dengan mengganti oli transmisi secara rutin juga bisa mengantisipasi akan terjadinya turun mesin dan dapat menghemat bahan bakar mobil.

Sebelum Berkendara, Lakukan Pemanasan
Tips merawat mobil matic yang ketiga yaitu jangan lupakan pemanasan mobil sebelum kamu mulai berkendara. Kamu harus melakukan pemanasan mobil ini secara rutin dan berkala pula. Yang harus kamu perhatikan bahwa untuk melakukan pemanasan persneling mobil harus dalam keadaan netral.

Memakai Persneling Dengan Benar
Persneling merupakan salah satu hal yang penting juga dalam berkendara mobil matic. Kamu tidak boleh keliru ketika menggunakannya. Jangan pernah memakai persneling P atau parking ketika mobilmu sedang melaju. Sebaliknya, kamu tidak boleh memakai persneling D atau drive ketika sedang melakukan parkir. Hal ini bisa membuat mobilmu rusak.

Lakukan Uji Coba Pada Mobil
Tips merawat mobil matic yang terakhir adalah dengan melakukan uji coba kendaraan di jalanan. Uji coba ini bisa kamu lakukan sekali dalam sebulan dengan cara mengoper persneling sambil membawa mobil melaju. Apabila kamu mendengar suara yang asing, kamu bisa langsung membawa mobilmu ke bengkel resmi terdekat dan melakukan pengecekan.

Itulah ulasan mengenai tips merawat mobil matic yang harus kamu perhatikan karena penting demi kebaikan mobil matic-mu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*