Beranda Tips Tips Memilih Helm Kualitas Baik

Tips Memilih Helm Kualitas Baik

MotorBalap.ID – Memiliki helm yang bagus dan bermerek bisa menjadi kebanggaan tersendiri, tetapi ingatlah bahwa yang terpenting dan harus diperhatikan dalam memilih helm ialah kenyamanan dan keamanan saat digunakan berkendara. Untuk Anda yang sedang bingung mencari helm, baiknya ikuti tips memilih helm kualitas baik di bawah ini agar mendapatkan helm sesuai keinginan dan keselamatan dalam berkendara bisa diminimalisir.

Dua jenis helm yang sering dipilih ialah helm full face dan open face, semua kembali pada Sobat, namun jika ingin perlindungan menyeluruh jenis helm full face lebih mampu memberikan perlindungan dari debu, serangga, batuan, air dan berbagai polusi di jalanan lainnya. Rahang dan gigi akan terlindungi lebih aman.

Di bawah ini adalah beberapa tips memilih helm kualitas baik:

SNI (Standard Nasional Indonesia)
Carilah helm yang memiliki label SNI dengan cetakan timbul. Helm yang telah memiliki tulisan timbul telah diakui oleh nasional dan aman digunakan. Meskipun umumnya mahal, namun ini demi keselamatan dan keamanan Anda saat berkendara. Lihat dan periksa apakah helm yang ingin Anda beli bisa dibongkar pasang bagian dalamnya. Hal ini cukup penting sehingga ketika helm dicuci, bagian dalamnya bisa Anda lepas dulu. Jadi kebersihan helm Anda akan terjaga dan bisa bersih maksimal. (Baca Juga: Cara Mencuci Helm Sendiri di Rumah)

Ukuran
Ukuran helm sangat beragam. Jangan ragu mencoba satu per satu helm saat membeli. Sesuaikan dengan ukuran kepala Anda. Jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Jika ini terjadi, maka Anda tidak akan nyaman saat memakainya. Ukuran helm yang tepat akan membuat Anda nyaman saat mengenakan disaat berkendara.

Bagian Dalam Lembut
Di bagian dalam helm, yang perlu diperhatikan adalah kain yang digunakan. Dianjurkan untuk memilih bahan dari kain yang sangat lembut dan memiliki kemampuan menyerap keringat maksimal, mengingat saat berkendara cenderung berkeringat. Jika bahan yang digunakan sangat lembut, maka Anda akan tetap nyaman saat memakainya dalam waktu lama ketika Anda berkendara dan menempuh jarak jauh.

Memiliki Dua Lapis Kaca
Jika Anda amati, saat siang hari cuaca sangat panas, maka Anda perlu menggunakan kaca yang gelap. Namun, saat malam hari ketika kondisi gelap, maka Anda perlu memakai kaca yang terang saat berkendara dimalam hari. Jadi, cari helm yang memiliki dua lapis kaca, terang dan gelap agar Anda nyaman saat berkendara di siang maupun malam.

Tebal Bagian Dalamnya
Ini bertujuan untuk mengimbangi lapisan luar helm yang keras. Bagian dalam yang tebal akan memberi manfaat meredam benturan dan gesekan yang mungkin terjadi saat helm mengalami benturan keras dengan sebuah benda. Dengan demikian, tengkorak kepala akan aman dari kemungkinan mengalami keretakan. Bahan yang sering digunakan untuk membuat bagian dalam helm tebal ini adalah dari bahan styrofoam atau polysyrene.

Bagian Luar Keras
Umumnya helm yang bagus di bagian luar terbuat dari bahan polycarbonate. Lapisan luar helm keras atau yang disebut hard outer shell merupakan indikasi kualitas helm. Bahan keras di bagian luar helm sangat penting untuk perlindungan maksimal.

Bobot
Pilihlah berat helm yang tidak terlalu berat atau ringan untuk digunakan. Kenyamanan juga perlu diperhatikan saat menggunakan helm, jika berat helmnya terlalu berat tentu saja tidak akan nyaman digunakan, gunakan naluri Anda untuk memilih helm yang pas dan nyaman digunakan.

Periksa Baut Penahan Kaca
Periksa kekencangan pada bagian baut penahan helm. Bagian ini sangat sering rusak, jadi pilihlah helm yang memiliki kaitan helm yang kuat sehingga bila digunakan dengan berkecepatan tinggi, kaca helmnya tidak akan terbuka.

Perhatikan Harga
Ketahuilah bahwa helm yang memiliki harga Rp 100 ribu ke bawah berlabel SNI palsu. Untuk itu, disarankan agar Anda memilih helm berlabel SNI yang harganya sekitar Rp. 200.000 saja. Harganya tidak mahal dibanding biaya perawatan rumah sakit jika mengalami kecelakaan.

Dalam memilih helm Anda harus teliti. Jangan sampai Anda hanya mengejar penampilan helm yang menarik tetapi mengabaikan sisi keselamatan. Karena itulah faktor penunjang yang ada pada helm juga harus benar-benar bagus,aman dan berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here