Cara Menyetel Rem Tromol Belakang Motor

MotorBalap.ID – Sistem rem pada sepeda motor menjadi sistem yang sangat penting sebab berkaitan dengan faktor keselamatan yang berguna untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan, dengan cara mengubah tenaga gerak menjadi tenaga panas. Perubahan tenaga ini diperoleh oleh gesekan antar kompnen yang bergerak yang terpasang pada roda motor dengan suatu bahan yang tahan terhadap gesekan. Bagi Anda yang menyukai otomotif, pastinya telah mengetahui ada dua sistem pengereman pada sepeda motor yaitu rem tromol dan rem cakram.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara rinci mengenai rem tromol hingga mengulas bagaimana Cara Menyetel Rem tromol Belakang Motor Anda. Rem tromol adalah sistem rem yang sudah menjadi metode pengereman standar yang dipakai oleh sepeda motor yang memiliki kapasitas kecil beberapa tahun terakhir. Alasannya cukup sederhana karena rem tromol sangat simpel dan juga murah. Komponen dari rem ini ialah brake shoe, drum, pegas pengembali, lever, blackplate dan cam.
Cara pengoperasian rem juga biasanya secara mekanik yakni pedal rem dan batang rod penggerak. Rem tromol di buat dari besi tuang dan di gabung dengan hub ketika rem digunakan sehingga gesekan panas akan timbul dan gaya gesek dari brake lining akan dikurangi. Drum brake memiliki sepatu rem yang berputar secara berlawanan dengan putaran drum agar dapat mengerem roda dengan gesekan.

Lantas bagaimana caranya menyetel rem tromol pada belakang motor agar lebih pakem saat mengerem? Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah mengendurkan terlebih dahulu baut as roda, kemudian lepaskan kampas rem tromol. Bersihkan semua kotoran yang menempel pada tromol dengan bahan lap ringan yang bersih. Apabila terdapat kompresor, semprotkan angin ke bagian sela-sela tromol untuk membersihkan kotoran dan kerikil yang yang menyelip di dalamnya.

Langkah selanjutnya ialah merendam kampas rem ke dalam air bersih dan jemurlah hingga kering. Jika sudah, silahkan cek keadaan kampas rem. Apabila permukaannya terasa licin, maka Anda dapat mengampelasnya supaya tekstur lebih kasar dan sikat bersih-bersih. Periksa juga ukuran ketebalan kampas, bila telah di luar ketentuan yang berlaku, segera ganti yang baru.

Anda juga harus memeriksakan pegas rem. Rem belakang motor bekerja dengan menggunakan sistem pegas yang di tekan dengan kaki kanan bagian depan. Ketika keadaan pegas mengalami kendur atau rusak, maka kemampuannya akan tidak optimal. Jadi, usahakan jangan lupa untuk mengecek pegas pengembali ini. Setelah semuanya sudah rampung, Anda bisa merakitnya kembali seperti awal mula.

Sistem perakitan ini sama dengan kebalikan dari pembongkaran rem tromol. Selanjutnya, gunakan kembali roda belakang sepeda motor. Kemudian, Anda dapat menyetel sisi rem tromol yang tersambung langsung dengan roda belakang menggunakan obeng dan aturlah posisi baut penahan pegas di tempat yang sesuai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*