Tips Mengatasi Kaca Speedometer Burem atau Retak

Speedometer ialah alat pengukur kecepatan yang menjadi perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalanan. Bukan hanya ada informasi tentang rpm, ada kalanya di dekat speedometer terdapat jarum penunjuk berapa bahan bakar yan tersisa. Lantas bagaimana jika kaca speedometer menjadi buram atau retak-retak kecil akibat sering terpapar sinar matahari terik? Pasti sangat mengganggu bukan? Oleh karena itu, kami akan memberitahukan tentang tips mengatasi kaca speedometer buram atau retak secara mudah dan ampuh.

Berbicara mengenai speedometer, di kesempatan sebelumnya kami telah memberitahukan tentang tips memperbaiki speedometer digital motor yang sangat berguna jika motor Anda kebetulan sedang mengalami hal itu. Nah, sekarang kita akan membahas mengenai kaca speedometer yang buram dan retak akibat usia atau faktor eksternal lainnya. Berikut ini ada cara ampuh untuk mengubah kaca yang buram tersebut kembali bening seperti baru.

Fungsi speedometer ialah sebagai panel informasi kecepatan dan informasi penting lainnya sehingga tidak akan berguna karena tampilannya terganggu akibat buram atau retak. Cara yang paling mudah untuk mengatasi kaca speedometer ialah dengan mengganti kaca baru. Namun sayangnya, untuk mendapatkan kaca speedometer yang baru itu agak susah ditemukan apalagi motor yang Anda gunakan keluaran lama.

Oleh karena itu, ada cara alternatif selain mengganti kaca speedometer yang bisa menjadi solusi terbaik demi mengatasi retak pada kaca speedometer itu, yaitu dengan cara ‘melumasi’ permukaan kaca speedometer menggunakan oli. Adapun oli yang digunakan bisa dari jenis atau brand mana saja, yang penting bukan oli bekas. Caranya adalah dengan meneteskan oli secukupnya di atas permukaan speedometer. Olinya sedikit saja, jangan terlalu banyak, setelah itu ratakan menggunakan jari tangan atau kuas ke seluruh permukaan kaca speedometer.

Jika kondisi retak cukup parah, maka oleskan lebih banyak oli secara merata. Diamkan selama 3-5 menit agar oli meresap ke permukaan yang retak, lalu setelah itu kaca diseka menggunakan lap kering. Jika ingin hasil yang maksimal, Anda bisa mendiamkannya selama empat jam.

Anda akan melihat bahwa hasilnya adalah kaca speedometer menjadi lebih jelas dari sebelumnya. Namun perlu diingat, cara ini hanya bersifat sementara. Karena setelah motor berjemur beberapa kali di bawah sinar matahari terik, maka retakan di kaca itu akan kembali terlihat lagi. Dan untuk menghilangkan retak pada kaca tersebut, Anda bisa mengulangi langkah di atas.

Sebagai informasi tambahan, untuk mencegah kaca speedometer menjadi buram dan retak, maka sebaiknya Anda menutup kaca speedometer plastik scotlet berwarna cerah. Jenis plastik ini banyak dijual di pinggir jalan atau tempat yang jual beraneka ragam sepeda motor. Selain itu, Anda juga jangan membiarkan motor terlalu lama terpapar di bawah sinar matahari yang terik. Semoga Bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*